Kamis, 12 April 2012 - 0 komentar

4. KISAH ‘SATU JAM’ VALENTINO ROSSI SEMASA KECIL



Kalian semua pasti pernah ngelihat orang yang ugal-ugalan di jalan raya kan?. Ngelihat orang yang kayak gitu kita pasti ngersa ilfill, rasanya kalo seandainya tuh orang jatuh di depan mata kita gitu, pasti rasanya bukan pengen nolong malah pengen nginjek-nginjek lagi ya kan?.

Tapi gimana rasanya kalo kita yang ngendarain motor kayak gitu. Rasanya bebas lepas… merasa diri paling keren, berasa sama kayak Valentino Rosi, bedanya ini dijalan raya aja. Pasti seru banget deh kalo kita yang ngendarain motor gitu, coba rasakan terpaan angin ke mata lo ampek berair dengan kecepatan 120 Km/jam, terus coba ngerasain gimana sejujurnya rasa dari angin itu sendiri dengan cara mangap sambil ngendarain motor itu, apakah manis , asem, atau asin? Apalagi sewaktu kebut”an di jalanan kayak berasa jadi king of the road gitu, salip-salipan diantara kendaraan - kendaraan lainnya sampe di bentak - bentak sama orang, tapi ini yang bikin adrenaline makin memuncak sampek ke otak(nb: bagi yang punya otak),
hingga sampe tabrak-tabrakan dengan pembatas jalan *yang satu ini kayaknya enggak deh*

           Tapi semua itu cuma sebatas hayalan aja, gue satu-satunya anak kelas 2 SMP yang gak ngerti gimana caranya ngendarain motor diantara temen-temen gue lainnya. Mereka semua udah jago banget ngendarain motor. Mungkin gue adalah salah satu anak diantara tmen gue yang paling terlambat berkembang soal berkendara. Tapi, gue gak pernah minder, ini karena gue dianugerahkan dengan otak yang cerdas namun agak kegeser dikit yang bikin gue tetep terlihat sebagai cowok yang paling keren (menurut gue), karena setiap di tanyain tentang motor gue gak kalah up to date, gue selalu nyambung tentang apapun yang lgi mereka omongin soal motor. Dan kalo aja di suruh bawak (ngendarain) motor otak gue pasti selalu aktif berputer mencari 1.980.223 macem alesan buat ngeles, biar keliatan gak kalah malu. Misalnya gini, ada temen gue Andika ngajak gue jalan-jalan.

ehh … Gem…  kita jalan-jalan yok naik motor gue? ‘*Andika ngajak gue*

‘ayok!!!… gue jugak lagi suntuk ni, tapi kita mau jalan-jalan kemana?’.*dengan tampang yang berseri-seri dan iler yang mengalir bebas di mulut gue”.

oke dehhh….kita jalan2 keliling kota aja ya, seambil ngecengin cewek’.

‘sippp lahh… ayok buronan buruan…’ *gue cengengesan udah gak sabaran*

 tapi… elo yang bawak motor ya…!’

‘Mati gue…’ *kata gue dalem hati*         

Ehhh… kayaknya gak jadi aja ya, soalnya gue baru inget kalo  gue harus  kerja nyari nafkah, patah banting tulang demi sesuap nasi untuk anak istri gue,  kalo gue gak kerja ntar mereka bakal mati kelaparan!’* gue ngeles dengan penuh wibawa kayak calon bupati yang gagal dengan bulu hidung yang keluar secara brutal dan fanatik menghiasi bibirnya
               

 
Tapi beda halnya untuk yang kali ini, sekarang gue udahh gak bisa ngeles lagi. Kejadian ini terjadi pas waktu gue lagi seru”nya  maen PS (baca:Pe-Es) bareng temen sekolah gue Jefrry di rental belakang WC (baca:wese)*jujur nama tempatnya emang belakang Wc*, gue juga gak tau kenapa namanya dibilang “Belakang WC”, ya mungkin karena disitu ada Wc umum terbesar di kompleks itu kali, may be. Tiba-tiba bang Dembo (penjaga rental Ps) dengan perut buntalnya yang nyolot kayak ngajak berantem gitu dari meja kasir bicara agak keras, maksudnya buat ngumumin ke semua yang lagi maen Ps itu termasuk gue, 

                ’
*Sosok bang Dembo dengan tampang mesumnya*,
 (walaupun dilihat dari tampangnya gak pantas untuk jadi pemain gitar, tapi.... percayalah dia  begitu lihai dalam memainkan burungnya gitarnya itu.)

              ‘WOYYYYY…. Siapa yang mau tolongin aku belikan nasi goreng?, Nanti aku kasih maen PS gratis SATU JAM

                Kemudian dari kejauhan ada sesosok mahluk aneh dengan ingus yang meleleh tak beraturan namun tetep keren, teriak sambil melompat ‘ AKU AJA BANG…!!!’. Mahluk tersebut yang tak lain dan tak bukan dalah gue sendiri. Karena yang lainnya gak ada yang menanggapi kata-kata bang Dembo, mungin karena sedang asik maen PS, akhirnya dengan resmi gue lah orang yang beruntung  terpilih untuk menangani misi penting ini.

               
tolong belikan nasi goreng di pasar bawah’ kata bang Dembo ke gue.

Belom lagi apa-apa masalah baru udah muncul, masalahnya pasar bawah itu jauh banget jaraknya dari rental PS itu kurang lebih sekitar 3KM *ngasal*. Gue terdiam seribu bahasa, muka gue pucat gak berdaya. Gak mungkin gue jalan kaki ke pasar bawah gue gak punya kendaraan, dan gak mungkin jugak gue naik becak ke pasar bawah, sementara ongkos becak itu lebih mahal dari pada harga rental PS selama satu jam. Apamungkin gue harus melewatkan momen Maen Ps gratis satu jam gitu aja?, SATU JAM lho….SATU JAM…, Ini momen yang langka banget terjadi, kalo ada Kolektor waktu kejadian di Tkp pasti bang Dembo dimuseumkan di ruang pribadinya deh. *iya, emang gak nyambung*

‘Kau bawak motor abang aja ya… nih kuncinya’ *bang Dembo mengacungkan kunci motor dari meja kasir kearah gue dengan senyum mesumnya penuh misteri*

 gue diem, bicara dalam hati ’Mampusssss dahhh….. gue gak bisa bawak motor…. Gue harus ngapain?.  Gue gak tau lagi mau ngeles apaan, gue gak mungkin pura-pura mati disini, secara disini itu belakang Wc gitu lho. 

Ini misi besar yang mesti diselesaikan. Misi ini hampir mustahil untuk di selesaikan bagi seorang anak kelas 2 SMP yang gak bisa bawak motor kayak gue. Akhirnya dengan kekuatan bulan dan cahaya bintang di siang hari gue berubah menjadi JAMES BONE (artinya: tulangnya Si James). Beban seberat 85KG tertancap di pundak gue, gue jadi jalan bongkok sambil meronta kearah bang Dembo. Dan karena satu alasan lagi yang membuat gue tetep gak mau menolak misi ini setiap detik terlintas di otak gue adalah kata-kata bang Dembo ‘SATU JAM…SATU JAM…SATU JAM’ kalimat ini kayak menghipnotis gue, dan menggerogoti otak gue sampek gue bodoh kayak sekarang ini. Akhirnya gue pun menyanggupi misi yang impossible ini.

     ‘iii...iyaa bang’ *gemetaran, gue ngambil kunci dari tangan bang Dembo*

                ‘kenapa kau gemetaran gitu ?’

                ‘gak papa bang, hehehe’ *tampang gue pucat pasi*

                ‘ kau bisa kan bawa motor?’ *Bang Dembo ragu*

                ‘ya bisa lah bang... anak bayi juga bisa bawa motor’ *jawab gue sombong biar kelihatan jago*
Padahal sebenarnya lobang bokong gue itu dari tadi udah kembang kuncup di balik kancut gara-gara ketakutan. Namun gue tak berdaya gue udah terpengaruh hasutan sugesti biadab dari Om Dembo Kuya itu 'SATU JAM … SATU JAM...' itu terus terniang di otak gue yang semakin menciut.

                Gue keluar dan menghampiri motornya bang Dembo yang diparkirkan di depan teras rental Ps-nya, gue masukin kuncinya agak gemetaran dan nafas yang enggak stabil, terussss…. gue starter motornya, tapi…. 

Jenggg… jennggggg….

Motornya gak bisa nyala.
 
 
               Yessssss… gue teriak bahagia dalam hati,* senyum kemenangan*. Akhirnya ada jugak malaikat 
 penyelamat yang menghampiri gue dalam melewati mimpi buruk yang hampir merenggut jiwa gue.

                ‘Bang! Motornya gak bisa nyala…’ *teriak gue girang*

                ‘Ah… masak sih, serius kau? motor abang baru diservis kemarin lho, gak mungkin gak bisa nyala’ *bang Dembo herman heran, agak takut motornya rusak*

                ‘iya bang… udah aku pencet-pencet starternya ampek pesek tapi gak mau idup.’*gue menjelaskan*

                ‘Ya diengkol lah goblok… itu starternya emang udah gak berfungsi lagi dari dulu’.*bang dembo ketawa lihat kebodohan gue*

              
Tiba-tiba cahaya kegelapan muncul, ini pertanda buruk. Suasana menjadi horror, mimpi buruk ternyata masih berlanjut lagi, malaikat yang tadinya menyelamati gue ternyata dia jelmaan gunderuwo boneng dari agen FBI yang sedand menyamar membawa hawa negatip. Paduan music alternative metal yang sendu berkolaborasi dengan music kematian yang agak sedikit menyeramkanpun menjadi background songnya. Suasananya berubah jadi kayak sinetron banget.

Sambil berdoa dalam hati agar gunderuwo boneng tersebut pergi, dan mimpi buruk ini gak jadi kenyataan. Gue naik motor juga untuk pertama kali menjadi pengendara. Agak gerogi, dan detak jantung yang gak berkesinambungan , Gue engkol motornya...

…Brumm…Brummm…*Motornya nyala*

Mampussss…. doa gue gak terkabul. Gue ajak temen gue si jefrry boncengan dibelakang, bukan karena biar ada yang nemenin, tapi kalo misalnya ntar nabrak malaikatnya lebih milih ngambil nyawanya si Jeffry duluan, karena dia anak nakal, gue kan anak baik-baik ,hahahaha.*apa hubungannya?*sorry ya jeff gue udah niat buruk sama lo*.

Gemetaran, gue injek giginya perlahan tapi nerveous gue semakin menjadi-jadi,detak jantung gue jadi gak karu-karuan, panu gue semakin menjalar hingga area terlarang. Tetep masih dengan gaya sok Cool, terus gue putar gasnya hati-hati banget perlahan (menurut gue). Ternyata gue narik gasnya kekencangan, kami hamper terbang menembus langit 7 bidadari *kayak lagu aja*. Si jeffry panik dibelakang gue, dia pegangan kuat meluk perut gue kenceng banget hampir bikin lele kuning isi perut gue keluar. Kami berhenti sejenak setelah menempuh perjalanan yang hampir merenggut jiwa kami berdua itu*padahal baru 5 meter motornya jalan*.

 
‘Anjissss…. Lo mau mati begok?’*Jefrry panik

‘tenang aja… Lo gak usah khawatir, gue nih adeknya Valentino rosso (mbah marijan kale)’*masih tetep sok keren, padahal roh gue udah terbang separoh. Gue gak mungkin nyerah atau gue harus dipermaluin gara-gara gue satu-satunya anak idiot yang gak bisa bawak motor diantara temen-temen gue. itu gak bakalan terjadi, ini  tentang harga diri.*tekad gue kuat*.

Gue lanjutin lagi bawak motornya sekarang bener-bener perlahan banget gue gas motornya (perasaan gue lagi). Tapi motornya dengan biadab membabi buta kayak orang abis ngelihat setan berlari dengan dahsyatnya kearah pasar, namun akhirnya perlahan gue berhasil ngejinakin motor itu, gue agak merasa aman. Gue lihat kebelakang, jeffry gak ada, ‘mana jeffry?’ . Ternyata gue gak sadar si jeffry udah lompat dari motor waktu berhenti tadi.

Sekarang gue sendirian diatas motor, gue melaju dahsyat sampai kesebuah gang pasar. Satu hal yang gue gak tau gimana cara ngerem. Gue nyerempet barang dagangan orang di pasar, gue di teriak-teriakin orang kayak maling, memang sih tampang gue kriminal, tapi gini-gini hati gue iblis selembut kapas. Gue gak bisa menghentikan motornya, tangan gue nempel gitu aja di setang gas, gak bisa dilepasin, kayak ada yang ngikat. Namun akhirnya gue berhasil terhenti oleh sebiji tong sampah yang dengan sukses secara teragis gue tabrak.
                               
 
BRAKKKK!!!!!!!!!!!…
Gue jatuh diantara tumpukan sampah, terkapar dengan indahnya dengan posisi kayang, tinggal dikasih saos sambel dikit, resmilah gue jadi hotdog sampah. Tak seorangpun ada yang menolong gue.*pelacur!*

Shitt!!!!…. Gue menangis dalam hati. Malang banget nasib gue, gara-gara SATU JAM terkutuk jadi apes gini*Damn!*. gue bangun terus ngangkangin ngangkatin (bediri-in) motornya. Gue kapok bawak motor. Karena warung nasi gorengnya udah deket gue dorong aja motornya sampe ke warung. The first mission is complette.

Timbul masalah kedua, setelah selesai beli nasi goreng, gue terjebak dalam dilema besar antara bingung dan shock. Gimana caranya gue pulang?, masak iya gue harus ngedorong motor lagi sampe ke rental? bisa-bisa kaki gue ntar di amputasi, ohh God. Gue sempet mikir-mikir bentar sampek nasinya dingin, gue harus cari jalan keluarnya, akhirnya otak gue nalar jugak, beberapa ide cemerlang gue muncul lagi:

1.       Pura-pura terkena amnesia dan gak ngenalin siapapun.
2.       Tinggalin motornya di warung, terus balik ke rental naik angkot. Kalo ditanyain bang Dembo, gue pura-pura nangis dan bilang kalo gue baru dirampok sama tukang nasi goreng.
3.       Kasih motornya ke orang lewat, terus tidur dipinggir jalan tanpa busana, kalo bang Dembo datang terus nanyak ‘ lo kenapa? mana motornya’? gue bilang sambil nangis terisak-isak kalo gue baru aja jadi korban pemerkosaan sama Om-om gersang, terus motornya dibawa kabur.
4.       kabur kehutan, dan hidup di sana menjadi homo  Tarzan selamanya.

Namun disaat gue lagi galau memikirkan itu , dan hampir aja gue mau putusin untuk milih pilihan ke tiga, tampak  dari kejauhan ada dua orang sedang mengendarai motor dengan wajah mahluk setengah alien mirip di film District.9 teriak manggil nama gue, yang kayaknya gue udah gak asing sama suara & wajah dua ekor mahluk itu, dia adalah si Jeffry temen gue dengan gajah binal, maksud gue bang Dembo boncengan dibokongnya dibelakangya.

‘Mampus dahh, bang Dembo pasti tau apa yang sebenarnya terjadi, dia pasti bakal menghajar gue abis-abisan nih.’ Gue merasa kalo sejarah hidup gue bakal tercatat sampe disitu aja.

Mereka datang menghampiri gue, bang Dembo noyor kepala gue “plak”.

‘Hahahhahaha…kau kenapa?.’ *Bang Dembo ketawa ngeliat gue yang Cuma bisa diam kayak anak biawak yang punya kelainan gen dengan parfum amis ala tong sampah*.

             Gue Cuma bisa diem sambil senyum maksa. Untung aja bang Dembo yang Chubby itu bukan orang yang pemarah. ‘tengs ya bang Bo gak marah sama gue, Ai lopiu pul... hehehehe’

Kamipun akhirnya pulang sambil menertawakan ke TOLOLan gue dengan gue di boncengi si Jeffry, dan bang Dembo dengan nasi goreng dinginnya. Sesampainya di rental gue dipermalukan sejadi-jadinya, mereka semua (orang-orang yang ada di rental) puas banget nertawain gue dengan biadab, mereka gak tau apa yang gue rasain, sakit banget tau gak?. Gue Cuma bisa diam gak berdaya, gue lemah, betapa hina dan nistanya gue, gue pengen mengakhiri hidup gue dengan hadap hara kiri ala samurai jepang biar bisa mati terhormat. ’ ohh bumii… telanlah aku,’.

                 Namun karena gue masih pengen nikah dengan isteri seorang dokter cantik dan setia, dan punya anak kembar yang sholeh/soleha, pinter, rajin belajar, suka menabung dan patuh pada orang tua. Akhirnya niat hara kiripun gue urungkan, gue pulang kerumah dengan lesu dan jalan tergopoh-gopoh sambil menahan malu.

Pesan Moral: INGAT!... Jangan lupa untuk selau bawak jimat penangkal gundoruwo boneng, kalo gak mau ketiban sial, apalagi sewaktu mau naek motor*gak ngaruh kale... emang dasar guenya aja yang o'on*


(BERDASARKAN KISAH NYATA SI BIAWAK YANG AGAK TERPELESET.)

0 komentar: